EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN PADA MATERI ASAM BASA

YUSI ZULIANTI , 1313023094 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (996Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (806Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggu-na¬¬kan LKS berbasis problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengko-mu¬ni¬kasikan pada materi asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandarlampung semester genap Tahun 2016-2017 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 sebagai sampel penelitian. Pengambi-lan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Eqiuvalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran menggu¬na¬¬kan LKS berbasis problem solving pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, serta didukung dengan ha¬sil anali¬sis beberapa data pendukung yaitu aktivitas siswa selama pembelaja¬ran berlang¬sung dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Kepraktisan diukur ber-dasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa. Hasil penelitian me¬nun¬jukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan pada kelas eks¬¬¬¬perimen se-besar 0,76 dan pada kelas kontrol sebesar 0,59. Berdasarkan pengu¬jian hipo¬tesis, disimpulkan bahwa kelas dengan pembelajaran menggunakan LKS berbasis problem solving memiliki rata-rata n-Gain keterampilan mengkomu¬ni¬kasikan yang lebih tinggi signifikan dibandingkan rata-rata n-Gain keterampilan mengko¬mu¬¬ni-kasikan kelas dengan pembelajaran konvensio¬nal. Ha¬sil anilisis be¬be¬rapa data pendukung yaitu aktivitas siswa selama pembelaja¬ran berlangsung, kemam¬puan guru dalam mengelola pembelajaran, ke¬ter¬laksanaan pembelajaran, dan res¬pon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran memili¬ki kriteria sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran mate¬ri asam-basa mengguna¬kan LKS ber¬basis problem solving efektif dalam mening¬katkan keterampilan mengkomunika¬si¬¬kan. Kata kunci: keefektivan, keterampilan mengkomunikasikan, LKS berbasis problem solving.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 16662622 . Digilib
Date Deposited: 18 Jul 2017 06:27
Terakhir diubah: 18 Jul 2017 06:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27283

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir