EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN

NADYA PUTRI AULIA, 1313023052 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1412Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1066Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik da-lam meningkatkan pemahaman konseptual dan sikap ilmiah pada materi pemi¬sahan campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan the matc¬h¬ing only pretest-posttest control group de¬sign. Populasi dalam pe¬neli¬ti¬an ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 22 Bandarlampung semes¬ter ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah se¬lu¬ruh siswa di kelas VIIB sebagai ke¬las eks¬perimen dan VIID sebagai kelas kon¬trol dengan pe¬ng¬ambilan sampel meng¬¬gunakan pur¬po¬sive sampling. Hasil pengu¬ji¬an hipotesis me¬¬¬¬nun¬¬juk¬kan bah¬wa nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari pa¬da ke¬las kontrol. Persentase nilai rata-rata sikap ilmiah pada setiap topiknya juga cen¬derung mening-kat, yaitu pada topik 1 sebesar 56,67%, topik 2 sebesar 65,24%, dan topik 3 sebesar 79,52% . Dapat di¬sim¬pulkan bahwa pembelajaran de¬ngan meng¬¬guna¬kan pen¬de¬kat¬an sain¬tifik efek¬¬tif dalam mening¬kat¬kan pe¬ma¬haman kon¬septual dan si-kap il¬mi¬ah siswa pada materi pe¬misahan campuran. Kata kunci: pemahaman konseptual, pemisahan campuran, pendekatan sain¬ti¬fik, sikap ilmiah

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 88279274 . Digilib
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:12
Last Modified: 18 Jul 2017 08:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27288

Actions (login required)

View Item View Item