YUSTINA RETNO KUSUMA WARDANI, 1313023096 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1829Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1290Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik da¬lam meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan the matching only pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017, dengan sampel seluruh siswa kelas VIIB sebagai kelas eksperi-men dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil uji t terhadap nilai rata-rata n-gain menunjukkan bahwa keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih tinggi dari pada keterampilan proses sains kelas kontrol. Sikap ilmiah siswa juga menunjukkan peningkatan yaitu pada Topik 1, 2 dan 3 berturut-turut sebesar 56,67 %, 65,24%, dan 79,52 %, se¬hingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah pada materi pemisahan campuran. Kata kunci: keterampilan proses sains, pemisahan campuran, pendekatan saintifik, dan sikap ilmiah.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 63742601 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 08:11 |
Terakhir diubah: | 18 Jul 2017 08:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27289 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |