EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN

YUSTINA RETNO KUSUMA WARDANI, 1313023096 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1829Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1290Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik da¬lam meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan the matching only pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017, dengan sampel seluruh siswa kelas VIIB sebagai kelas eksperi-men dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil uji t terhadap nilai rata-rata n-gain menunjukkan bahwa keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih tinggi dari pada keterampilan proses sains kelas kontrol. Sikap ilmiah siswa juga menunjukkan peningkatan yaitu pada Topik 1, 2 dan 3 berturut-turut sebesar 56,67 %, 65,24%, dan 79,52 %, se¬hingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah pada materi pemisahan campuran. Kata kunci: keterampilan proses sains, pemisahan campuran, pendekatan saintifik, dan sikap ilmiah.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 63742601 . Digilib
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:11
Last Modified: 18 Jul 2017 08:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27289

Actions (login required)

View Item View Item