PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

EWID NUR ANISA, 1313023028 (2017) PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2382Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2173Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan mendeskripsikan keefektifan, kepraktisan dan ukuran pengaruh pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 16 Bandar Lampung kelas X.4 dan X.8 sebagai kelas eksperimen. Keefektifan ditentukan melalui data kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Kepraktisan ditentukan melalui data keterlaksanaan RPP dan respon siswa terhadap pembelajaran discovery learning. Ukuran pengaruh motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran discovey learning dihitung setelah melakukan uji normalitas dan uji-t perbedaaan pretes-postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dengan kriteria sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan n-Gain motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa memiliki kriteria sedang, aktivitas siswa selama pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran discovery learning praktis dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dengan kriteria sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan keterlaksanaan RPP pembelajaran dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran discovery learning yang memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: discovery learning, motivasi belajar, penguasaan konsep siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 45924851 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:50
Terakhir diubah: 19 Jul 2017 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27295

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir