HUBUNGAN ANTARA LEARNING APPROACH DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2013

RAFIAN NOVALDY, 1318011134 (2017) HUBUNGAN ANTARA LEARNING APPROACH DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2013. FAKULTAS KEDOKTERAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1121Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1076Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT Background: There are several factors that affect student learning achievement in medical student, one of them is learning approach. The purpose of this study to know the relationship between learning approach and a grade point average (GPA) students of the Faculty of Medicine, University of Lampung class of 2013. Methods: This study uses cross sectional approach. A total of 174 respondents final year students (class of 2013) Faculty of Medicine, University of Lampung fill in Revised Study Process 2 Factors Questionnaire (R-SPQ-2F). Results: In this study with 174 students, there were 111 (63.4%) of students using deep approach and 64 (36.6%) of students using a surface approach. 64 respondents surface approach dominated by respondents with GPA, 36 (56.3%). While deep approach dominated by respondents with a very satisfying predicate CPI of 70 (63.1%). Data were statistically tested by Chi-Square test and p value of 0.000. Conclusion: Based on the research results, there is a relationship between learning approach with a grade point average (GPA) students of the Faculty of medicine, University of Lampung class of 2013. Keywords: Learning achievement, learning approach, R-SPQ-2F ABSTRAK Latar belakang: Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada mahasiswa kedokteran, salah satunya adalah learning approach. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara learning approach dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Angkatan 2013. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sebanyak 174 responden mahasiswa tingkat akhir (Angkatan 2013) Fakultas Kedokteran Universitas Lampung mengisi kuesioner Revised Study Process Questionnaire 2 Factors (R-SPQ-2F). Hasil penelitian: Pada penelitian ini dengan 174 mahasiswa, terdapat 111 (63,4%) mahasiswa menggunakan deep approach dan 64 (36,6%) mahasiswa menggunakan surface approach. 64 responden surface approach didominasi oleh reponden dengan predikat IPK memuaskan yaitu 36 (56,3%). Sedangkan deep approach didominasi oleh responden dengan predikat IPK sangat memuaskan yaitu 70 (63,1%). Data diuji secara statistik dengan uji Chi-Square dan didapatkan nilai p 0,000. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan antara learning approach dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas kedokteran Universitas Lampung angkatan 2013. Kata kunci: Learning approach, prestasi belajar, R-SPQ-2F

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 58244756 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2017 07:57
Terakhir diubah: 19 Jul 2017 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27301

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir