VARIASI BAHASA DALAM ACARA TALK SHOW MATA NAJWA PERIODE MARET 2016 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

LULUK ULASMA, 1213041051 (2017) VARIASI BAHASA DALAM ACARA TALK SHOW MATA NAJWA PERIODE MARET 2016 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1608Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1227Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Variasi Bahasa dalam acara Talk Show Mata Najwa periode Maret 2016 dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan, yaitu dokumentasi melalui video percakapan yang mengandung variasi bahasa antara pembawa acara dan bintang tamu dalam acara tersebut. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 3 segi variasi bahasa dalam acara Talk Show Mata Najwa periode Maret 2016, yaitu (1) variasi lisan yaitu, variasi yang ditandai dengan bentuk mimik atau sebuah penegasan; (2) keformalan, antara lain a) variasi formal, misalnya bercerita, mengajak, dan menolak; b) variasi tidak formal misalnya klo gitu, ngawur, ndak, dan nah; (3) kependidikan, yaitu variasi kependidikan, misalnya mengucapkan maaf, Indonesia, pintar dan senang. Selanjutnya, dapat dikaitkan dengan materi pembelajaran, variasi bahasa yang terdapat dalam acara Talk Show Mata Najwa ini dapat dijadikan sebagai contoh penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan juga penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan konteks. Variasi bahasa dapat dijadikan bahan ajar serta dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dalam pelajaran menulis teks naskah drama dan film. Kata Kunci: variasi bahasa, talk show, dan implikasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 14873585 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2017 06:28
Terakhir diubah: 19 Jul 2017 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27305

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir