PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA PERAN ENERGI DALAM KEHIDUPAN

CRIS AYU SETYANINGSIH , 1423025022 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA PERAN ENERGI DALAM KEHIDUPAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2059Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1362Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis representasi jamak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema peran energi dalam kehidupan. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan cara studi pendahuluan, pengembangan produk awal, tahap validasi dan revisi, tahap uji coba melalui implementasi LKS di sebuah SMP di Lampung Utara, dan wawancara setelah perlakuan hingga diperoleh produk akhir berupa LKS berbasis representasi jamak. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan LKS yang memenuhi kriteria kelayakan (validitas), kepraktisan, dan keefektivan. Kelayakan LKS diukur dari hasil validasi ahli. Kepraktisan LKS dilihat dari penilaian keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa melalui observasi dan angket. Keefektivan LKS dapat dilihat dari peningkatan N-gain dan aktivitas Cris Ayu Setyaningsih iii siswa. Efektivitas produk diperoleh melalui penelitian kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design yaitu dengan melihat perbedaan pretest maupun postest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis representasi jamak secara konten dan kontruk telah valid dan layak digunakan; praktis digunakan dengan tingkat keterlaksanaan sangat tinggi dan mendapatkan respon sangat baik dari siswa; serta efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan mendorong aktivitas siswa dengan kategori sangat tinggi. Kata kunci: LKS, representasi jamak, keterampilan berpikir kritis

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> Q Science (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 39989506 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:22
Terakhir diubah: 19 Jul 2017 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27315

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir