PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 33 NEGERI KATON

SITI MAISYAROH , 1313053153 (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 33 NEGERI KATON. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1397Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1067Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 33 Negeri Katon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 33 Negeri Katon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen non-equivalen control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, nilai ratarata N-Gain pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 0,48, sedangkan nilai rata-rata N-Gain pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 0,35. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh thitung = 3,36 > ttabel = 2,02 (α = 0,05), maka Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 33 Negeri Katon. Kata kunci: hasil belajar, index card match, IPS

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 93508688 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:46
Last Modified: 19 Jul 2017 08:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item