PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA REALIA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD N 5 METRO BARAT

ROSA MAGHFIRAH , 1313053149 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA REALIA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD N 5 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (899Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2303Kb)

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Barat dengan nilai rata-rata 65,59. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 5 Metro Barat melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dengan media realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dengan media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori “Cukup Aktif” dengan nilai rata-rata 67,65, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi “Aktif” dengan nilai rata-rata 76,26. Hasil belajar siswa pada siklus I termasuk dalam katagori “Cukup Baik” dengan nilai rata-rata 68,37, dan pada siklus II meningkat menjadi “Sangat Baik” dengan nilai rata-rata 75,50. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, matematika, media realia, model jigsaw

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 93052017 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:48
Last Modified: 19 Jul 2017 08:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27321

Actions (login required)

View Item View Item