PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA/MA

DARWANTO, 1423021008 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA/MA. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2277Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1860Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk pengembangan bahan ajar matematika dengan model PBL dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa; 2) mengetahui kualitas bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan model PBL dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa; 3) mengetahui efektivitas bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan model PBL dalam mengembangkan kemampuan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA2 MAN 2 Lampung Utara. Hasil penelitian ini adalah 1) produk bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); 2) bahan ajar telah memenuhi syarat dan standar kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli desain dan media, sehingga bahan ajar dapat digunakan pada tahap berikutnya; 3) hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata hasil tes belajar peserta didik menunjukan hasil yang baik yaitu terlampauinya KKM, dan juga analisis data berupa respon menunjukan bahwa peserta didik merespon dengan baik, sehingga pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan mampu mengembangkan berpikir kreatif peserta didik. ¬¬¬¬Kata kunci: bahan ajar, berpikir kreatif, problem based learning ABSTRACT The aim of this research was to 1) poduce the product of developed math learning materials by using PBL in developing students’ creative thinking ability; 2) find out quality of developed math learning materials by using PBL in developing students’ creative thinking ability; 3) find out effectivity of developed math learning materials by using PBL in developing students’ creative thinking ability . This research was research and development. The subjects of this research were the tenth grade students of MAN 2 Lampung Utara. The result of research shows that 1) product of learning materials student’s is worksheet; 2) the learning materials based on the assessment of the experts on learning materials, design and media, the developed learning materials have met the requirements and eligibility standard, so learning materials can be used of next stage of research; 3) the result of data analysis confirmed that the mean score of students’ learning result passed the school passing grade and it was good. Besides, through data analysis of students’ respon, it showed that students’ respon was good so that the learning process by using developed learning materials could be able to develop students’ creative thinking. Keywords: creative thinking, learning materials, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 51636925 . Digilib
Date Deposited: 20 Jul 2017 08:13
Terakhir diubah: 20 Jul 2017 08:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27342

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir