DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017)

HUNAIFI, 1313021038 (2017) DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1717Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1281Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis ma-tematis siswa pada pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang des-kripsi percakapan kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil pene-litian, diperoleh simpulan bahwa dalam percakapan matematis yang diamati, indi-kator kemampuan berpikir kritis yang dominan muncul adalah interpretasi dan analisis. Dalam percakapan matematis tersebut, guru lebih banyak mengajukan pertanyaan Socrates bertipe klarifikasi dan asumsi-asumsi penyelidikan. Tahapan Saintifik yang lebih banyak dilakukan saat percakapan matematis berlangsung adalah tahapan mengomunikasikan. Selain itu, diperoleh juga temuan lain yaitu pola karakteristik percakapan matematis Q-A-V, bentuk percakapan matematis yaitu solve and discuss, step by step, dan student pairs, serta faktor-faktor yang memengaruhi respon siswa dalam percakapan matematis yaitu kepercayaan diri terhadap lawan bicara dan kepemilikan komponen komunikasi. Kata kunci: metode Socrates, pendekatan Saintifik, percakapan kritis matematis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 81386898 . Digilib
Date Deposited: 21 Jul 2017 06:28
Terakhir diubah: 16 Mar 2022 02:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27345

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir