HAMBATAN SISWA DARI KELUARGA MISKIN MEMPERTAHANKAN PRESTASI BELAJAR DI SEKOLAH (Studi di SMA N 1 Simpang Pematang Desa Simpang Pematang Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji)

SISKA DESI SUJIYANTI, 1216011088 (2017) HAMBATAN SISWA DARI KELUARGA MISKIN MEMPERTAHANKAN PRESTASI BELAJAR DI SEKOLAH (Studi di SMA N 1 Simpang Pematang Desa Simpang Pematang Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1526Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1463Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hambatan Siswa dari Keluarga Miskin Mempertahankan Prestasi Belajar di Sekolah SMA N 1 Simpang Pematang Desa Simpang Pematang Kabupaten Mesuji. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau informan yang dilakukan wawancara mendalam dengan pendekatan induktif. Informan dalam penelitian ini berjumlah sembilan orang yang terdiri dari dua guru dan wali kelas, tiga orang tua siswa tidak mampu, dan empat orang siswa dari keluarga tidak mampu SMA N 1 Simpang Pematang. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa hambatan siswa dari keluarga miskin mempertahankan prestasi belajar di Sekolah SMA N 1 Simpang Pematang Desa Simpang Pematang meliputi aktivitas yaitu, konsentrasi siswa pada saat guru mengajar kurang karena ketidak disiplinan siswa akibat akomodasi ke sekolah, lemahnya mental siswa yang tidak mampu bersaing sehingga mengakibatkan siswa merasa minder, tidak efektifnya jam belajar di rumah, minimnya fasilitas di sekolah seperti tidak ada wifi/spot gratis di sekolah, motivasi yaitu, kurangnya referensi buku di perpustakaan sekolah, minimnya fasilitas belajar di sekolah, minimnya sarana dan prasarana dari orang tua, kurangnya perhatian orang tua terhadap anak. Kata kunci : Hambatan, Pendidikan, Ekonomi, Prestasi Belajar abstract This study aims to determine the Barriers of Students from Poor Families Maintain Learning Achievement in High School N 1 Simpang Pematang Simpang Pematang Village Mesuji District. This type of research uses the type of qualitative research that produces descriptive data in the form of written or oral words from people or informants who conducted in-depth interviews with an inductive approach. Informants in this study amounted to nine people consisting of two teachers and homeroom teachers, three parents of students can not afford, and four students from families unable SMA N 1 Simpang Pematang. The result of the research shows that the barriers of students from poor families to maintain the learning achievement in SMA N 1 Simpang Pematang Simpang Pematang Village include the activity that is, the concentration of the students at the time of teaching less because of the discipline of students due to accommodation to school, The weak mentality of students who are unable to compete resulting in students feel inferior, ineffective hours of study at home, lack of facilities in schools such as no free wifi/spot in school. Furthermore motivation, namely the lack of reference books in the school library, the lack of learning facilities in schools, the lack of facilities and infrastructure of parents, the lack of attention of parents to children. Keywords: Barriers, Education, Economics, Learning Achievement

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Depositing User: 0776422 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2017 03:39
Last Modified: 24 Jul 2017 03:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27377

Actions (login required)

View Item View Item