PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI ASAM BASA

TIKA RIA ARMALASARI , 1313023080 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1033Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (948Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Metro tahun ajaran 2016/2017 dengan subyek penelitian ditentukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang hanya menggunakan model pembelajaran SiMaYang. Ukuran pengaruh (effect size) strategi scaffolding dalam meningkatkan literasi kimia dan motivasi belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan pretes dan postes siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan literasi kimia dan motivasi belajar siswa pada materi asam basa. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang diperoleh, yaitu rata-rata n-Gain literasi kimia maupun motivasi belajar siswa kelas ekperimen dengan kategori “tinggi” sedangkan rata-rata n-Gain literasi kimia maupun motivasi belajar siswa kelas kontrol dengan kategori “sedang”. Kriteria ukuran pengaruh (effect size) yang diperoleh berdasarkan data literasi kimia kelas ekperimen berkriteria “basar” sebesar 84% dan kelas kontrol berkriteria “sedang” yaitu sebesar 74% pengaruh strategi scaffolding dalam meningkatkan literasi kimia siswa. Ukuran pengaruh (effect size) berdasarkan data motivasi belajar kelas ekperimen berkriteria “basar” sebesar 76% dan kelas kontrol berkriteria “sedang” yaitu sebesar 57% pengaruh strategi scaffolding dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi scaffolding berpengaruh besar dalam meningkatkan literasi kimia dan motivasi belajar pada materi asam basa. Kata kunci: effect size, literasi kimia, motivasi belajar, scaffolding, SiMaYang

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 71689713 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:20
Last Modified: 24 Jul 2017 04:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27379

Actions (login required)

View Item View Item