PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Yuni Evi Meliani Sihaloho, 1313022088 (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1361Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1204Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran flipped classroom pada materi impuls dan momentum serta mengetahui validasi produk oleh ahli dan praktisi dan mengetahui kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatannya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan dengan pemberian angket kepada peserta didik dan wawancara dengan seorang guru di SMA Negeri 1 Metro. Pada tahap desain dilakukan dengan memproduksi perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP, video pembelajaran, LKPD pendamping video, dan LKPD untuk pembelajaran di dalam kelas. Pada tahap pengembangan dilakukan dengan pengujian terhadap produk yang dihasilkan. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji validasi ahli yaitu rata-rata skor produk 3,58 dengan kualifikasi sangat valid, hasil uji praktisi diperoleh rata-rata skor 3,66 dengan kualifikasi sangat valid, dan hasil uji 1-1 diperoleh rata-rata skor kemenarikan 3,47, kemudahan 3,32, dan kemanfaatan 3,70. Dengan kualifikasi sangat menarik, sangat mudah, dan sangat bermanfaat. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran flipped classroom pada materi impuls dan momentum yang layak untuk diuji coba dalam pembelajaran fisika. Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, flipped classroom, impuls dan momentum, ADDIE.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 15643911 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:46
Terakhir diubah: 24 Jul 2017 04:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27380

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir