PENGEMBANGAN MODEL DESAIN IKLIM KELAS BERORIENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP IPA

Nurhayati, 1423025009 (2017) PENGEMBANGAN MODEL DESAIN IKLIM KELAS BERORIENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP IPA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2467Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model desain iklim kelas berorientasi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan model mental dan penguasaan konsep IPA. Penelitian pengembangan meliputi tiga tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap desain iklim kelas dan tahap uji coba produk. Pada tahap pendahuluan dan tahap desain iklim kelas menghasilkan produk desain iklim kelas berorientasi pembelajaran kooperatif. Validasi ahli dilakukan oleh validator yang relevan. Tahap uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas IX, satu kelas berjumlah 33 siswa. Pengambilan sampel pada tahap pengujian produk secara acak mendapatkan kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2, kedua kelas eksperimen menggunakan iklim kelas hasil pengembangan. Hasil pengembangan iklim kelas diujicobakan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 31 Bandar Lampung pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Uji coba produk dilakukan dengan one group pretes and postest disign. Pengumpulan data ii Nurhayati menggunakan teknik angket, oservasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model desain iklim kelas berorientasi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan model mental dan penguasaan konsep IPA siswa telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan; 2) Kepraktisan pembelajaran menggunakan iklim kelas berorientasi pembelajaran kooperatif memiliki keterlaksanaan mendapatkan respon sangat tinggi dari siswa; 3) Model desain iklim kelas berorientasi pembelajaran kooperatif memiliki keefektifan yang tinggi untuk meningkatkan model mental siswa dan cukup efektif untuk penguasaan konsep” hal ini ditunjukkan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil tes model mental dan penguasaan konsep. Kata kunci : Iklim kelas, Pembelajaran kooperatif, model mental dan Penguasaan konsep .

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: 39110242 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2017 08:09
Last Modified: 24 Jul 2017 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27394

Actions (login required)

View Item View Item