PENGARUH SKILL REPRESENTASI GRAFIS TERHADAP PENGUSAAN KONSEP FISIKA SISWA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING

AHMAD SAROJI , 1313022006 (2017) PENGARUH SKILL REPRESENTASI GRAFIS TERHADAP PENGUSAAN KONSEP FISIKA SISWA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1247Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (795Kb) | Preview

Abstrak

Penguasaan berbagai format representasi seperti matematik, verbal, dan grafis (gambar) dalam fisika diduga berpengaruh pada kualitas penguasaan konsep fisika siswa. Namun, kenyataan yang dijumpai di lapangan format representasi verbal lebih banyak mendominasi proses pembelajaran, padahal mayoritas manusia adalah pembelajar visual/grafis, informasi akan lebih lama bertahan ketika materi ajar dicukupi visualisasinya dan pembelajaran dilakukan dengan model inkuiri terbimbing sehingga kemampuan penguasaan konsep fisika siswa akan terjadi peningkatan yang signifikan. Telah dilaksanakan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh skill representasi grafis terhadap penguasaan konsep fisika siswa melalui model inkuiri terbimbing dan peningkatan penguasaan konsep fisika siswa dengan menggunakan skill representasi grafis. Penelitian dilaksanakan di kelas X IPA 3 SMAN 2 Metro yang berjumlah 26 siswa pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 menggunakan desain one-shot case study. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat pengaruh signifikan yang linear dan positif skill representasi grafis terhadap penguasaan konsep sebesar 52,30% yang merupakan nilai koefisien determinasi dari koefisien korelasi sebesar 0,770 dalam katagori kuat dan persamaan regresi Y=6,330+0,705X, nilai koefisien a dan b merupakan koefisien yang signifikan. Terdapat pula peningkatan penguasaan konsep siswa akibat pengaruh skill representasi grafis sebesar 37,60 dengan rata-rata N-gain sebesar 0,6 dalam kategori sedang. Secara rinci penelitian ini menggambarkan terdapat 50% siswa memiliki penguasaan konsep siswa yang baik, 21% siswa mengalami miskonsepsi, 22% siswa memiliki penguasaan konsep lemah, dan 7% tidak tau konsep. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Penguasaan Konsep, Skill Representasi Grafis

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 33913064 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:36
Last Modified: 25 Jul 2017 04:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27421

Actions (login required)

View Item View Item