TRI WULANDARI, 1213034076 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1393Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1712Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar siswa geografi kelas XI IPS di SMAN 15 Bandar Lampung Tahun 2016. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 15 Bandar Lampung berjumlah 68 siswa yang dipilih secara random. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik observasi, dan teknik tes. Analisis data dilakukan dengan uji perbedaan ( t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajan kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 15 Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) yang mengalami kenaikan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Learning Together (LT), hasil belajar. ABSTRACT This research was conducted to determine the effect of the use of the cooperative learning model in Learning Together (LT) type to the student geography learning outcomes class XI IPS at SMAN 15 Bandar Lampung in 2016. Research subject was student’s grade XI IPS SMAN 15 Bandar Lampung which amount 68 students were selected randomly. This study was a quasi experimental research. The data collection was done by using the documentation, observation, and testing techniques. Data analysis was done by testing the difference (t-test). The results showed that there was the influence of the use of cooperative learning model in Learning Together (LT) type to the students geography learning outcomes for class XI IPS at SMAN 15 Bandar Lampung. It can be seen from the students learning outcomes in the experiment class which used cooperative learning model in Learning Together (LT) type which increases higher than the students learning outcomes in control classwhich used conventional learning method. Keywords : Learning Together (LT), learning outcomes
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 59518431 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 06:33 |
Terakhir diubah: | 25 Jul 2017 06:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27429 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |