ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Teluk Betung Barat Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

LUDFIA FATMAWATI , 1313024050 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Teluk Betung Barat Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1941Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1768Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan dan permasalahannya di SMP se-Kecamatan Teluk Betung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian riset eksploratori dengan pendekatan kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh guru IPA kelas 7 SMP yang melaksanakan pembelajaran berbasis praktikum di Kecamatan Teluk Betung Barat yang diambil melalui teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer berupa hasil angket tanggapan guru dan siswa serta hasil wawancara kepada guru dan siswa. Data sekunder berupa hasil observasi tahapan pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan, dan observasi permasalahan praktikum materi organisasi kehidupan, serta penilaian penyusunan LKS praktikum materi organisasi kehidupan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman. iii Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum di SMP se-Kecamatan Teluk Betung Barat memiliki kriteria sangat baik ditinjau berdasarkan hasil angket tanggapan guru dan siswa. Dengan persentase aspek tertinggi yaitu motivasi terhadap pelaksanaan praktikum oleh guru dan siswa memperoleh kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil observasi tahapan pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan di kedua SMP memiliki kriteria baik. Hasil penilaian penyusunan LKS praktikum materi organisasi kehidupan memiliki kriteria baik untuk kedua sekolah. Namun hasil penelitian juga menunjukkan terdapat kendala pada pelaksanaan praktikum di SMP Kecamatan Teluk Betung Barat, yaitu keterbatasan alat dan bahan yang disediakan oleh laboratorium. Pada tahap pelaksanaan praktikum, siswa masih kesulitan dalam menggunakan alat seperti mikroskop yang masih awam bagi para siswa. Pada tahap penutup praktikum siswa mengalami kesulitan dalam membuat kesimpulan dari praktikum yang telah dilaksanakan. Kata kunci: guru IPA, LKS-praktikum, materi organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 60313733 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:50
Terakhir diubah: 25 Jul 2017 08:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27453

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir