ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum Kelas VII se-Kecamatan Langkapura Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

ENDAH SULISTYARINI, 1313024033 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum Kelas VII se-Kecamatan Langkapura Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1357Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1114Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan dan permasalahan dalam pelaksanaan praktikum pada materi organisasi kehidupan di SMP. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain riset eksploratori. Sampel pada penelitian ini yaitu guru IPA yang mengajar di kelas VII serta melaksanakan kegiatan praktikum, yaitu SMP IT Ar-raihan dan SMP IT Fitrah Insani yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Data yang diperoleh pada penelitian ini adalahdeskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan observasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan oleh guru se-Kecamatan Langkapura berkriteria sangat baik dengan persentase83,90 ± 13,94 untuk pernyataan positif dan 81,79 ± 17,60 untuk pernyataan negatif.Pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan oleh siswa se-Kecamatan Langkapura mendapat kriteria sangat baik dengan persentase85,04 ± 5,00 untuk pernyataan positif dan 80,97 ± 1,85 untuk pernyataan negatif. Tahapan pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan yang dilakukan oleh guru dan siswa se-Kecamatan Langkapura kriteria baik dengan persentase70,29± 14,31. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan praktikum yang dilaksanakan oleh guru dan siswa mendapat kriteria sangat baik. Tahapan pelaksanaan praktikum yang dilaksanakan oleh guru dan siswa mendapat kriteria baik. Permasalahan pada pelaksanaan praktikum materi oragnisasi kehidupan adalah laboratorium di SMP IT Fitrah insani belum memadai untuk kegiatan praktikum pembedahan ikan didalam ruangan. Selain itu, alat yang digunakan untuk kegiatan praktikum materi organisasi kehidupan ada yang belum tersedia di laboratorium. Seperti alat bedah, mikroskop cahaya, medium, dan kloroform. Kata Kunci:guru IPA, organisasi kehidupan,pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum, SMP

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Depositing User: 58785818 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2017 07:15
Last Modified: 26 Jul 2017 07:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27457

Actions (login required)

View Item View Item