ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Kedaton Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

ATIKAH NUR AZIZAH, 1313024015 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Kedaton Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1669Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1366Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Kedaton Kotamadya Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain riset eksploratori. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh dari angket, wawancara, foto atau video, lembar observasi permasalahan praktikum, lembar observasi tahapan pelaksanaan praktikum, perangkat pembelajaran seperti Lembar Kerja Siswa-praktikum/Lembar Kerja Peserta Didik-praktikum (LKS-praktikum/LKPD-praktikum) dan biodata guru IPA. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari angket guru pada aspek pelaksanaan, motivasi guru, dan penilaian hasil laporan praktikum memiliki kriteria sangat baik. Angket siswa pada aspek pelaksanaan, motivasi siswa, dan pembuatan laporan hasil praktikum memiliki kriteria sangat baik. Tahapan pelaksanaan praktikum pada tahap persiapan, pelaksanaan dan penutup memiliki kriteria baik, dan pembuatan LKS oleh guru memiliki kriteria baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan memiliki kriteria sangat baik. Kata kunci: organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 86361852 . Digilib
Date Deposited: 27 Jul 2017 02:15
Terakhir diubah: 27 Jul 2017 02:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27501

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir