PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIMBARWARINGIN

YUSRIFA INDRIAS, 1313053174 (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIMBARWARINGIN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1382Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1061Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Simbarwaringin. Nilai rata-rata mid semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran matematika untuk kelas IV A 61,800, kelas IV B 57,800, dan kelas IV C 52,650. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Simbarwaringin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen non-equivalent group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa soal tes pilihan jamak, tes diberikan berupa pretest dan posttest. Analisis data menggunakan independent sample t test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-gain kelas eksperimen 0,474, sedangkan nilai N-gain kelas kontrol 0,301. Hasil rata-rata kelas eksperimen dari nilai rata-rata 48,500 meningkat menjadi 72,800 besar peningkatannya sebesar 24,300. Sedangkan hasil rata-rata kelas kontrol dari nilai rata-rata 49,750 meningkat menjadi 65,100 peningkatannya sebesar 15,750. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan program SPSS.23 diperoleh nilai sig (2- tailed) 0,021, (0,021< 0,050) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dari perhitungan uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe student facilitator and explaining dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, matematika, student facilitator and explaining

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 62408352 . Digilib
Date Deposited: 27 Jul 2017 02:39
Terakhir diubah: 27 Jul 2017 02:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27510

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir