DETERMINAN PENGUNGKAPAN EMISI KARBON PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA

NURDIAWANSYAH, 1521031002 (2017) DETERMINAN PENGUNGKAPAN EMISI KARBON PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (926Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (832Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti secara empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan media exposure terhadap pengungkapan emisi karbon pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Pengukuran mengenai luas pengungkapan emisi karbon yaitu dengan menggunakan checklist yang dikembangkan berdasarkan lembar permintaan informasi yang diberikan oleh CDP (Carbon Disclosure Project). Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 184 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sampel penelitian yang telah ditetapkan. Ukuran Perusahaan yang diukur dengan total aset, profitabilitas yang diukur dengan Retur On Asset (ROA), leverage diukur menggunakan Debt Equity Ratio (DER), dan media exposure diukur menggunakan variabel dummy. Jenis data yang digunakan adalah data panel, dan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS) dengan bantuan E-views 9.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan media exposure berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon pada perusahaan manufaktur di Indonesia sedangkan variabel leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Kata kunci: Ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, media exposure, pengungkapan emisi karbon ABSTRACT This study aims to obtain evidence empirically about the effect of company size, profitability, leverage and media exposure to disclosure of carbon emissions in companies in Indonesia. Measurement of the area of carbon emissions disclosure is to use a checklist developed on the basis of an information request sheet provided by the CDP (Carbon Disclosure Project). The sample in this study is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange 2013-2015. Sampling using purposive sampling to obtain the number of samples as many as 184 manufacturing companies that meet the criteria of research samples that have been determined. Company size measured by total assets, profitability as measured by Return On Assets (ROA), leverage is measured using Debt Equity Ratio (DER), and media exposure is measured using dummy variables. The type of data used is panel data, and use Ordinary Least Square (OLS) method with the help of E-views 9.0. The results showed that firm size, profitability and media exposure have positive and significant influence to carbon emission disclosure at manufacturing company in Indonesia while leverage variable has no significant effect to carbon emission disclosure at manufacturing company in Indonesia. Keywords: Company size, profitability, leverage, media exposure, carbon emissions disclosure

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HF Commerce > HF5601 Accounting
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Akuntansi S2
Pengguna Deposit: 7662946 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:27
Terakhir diubah: 28 Jul 2017 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27553

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir