EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

NOVITA SARI FASIHAH, 1313023060 (2017) EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1730Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1159Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas lembar kerja siswa berbasis pendekatan ilmiah pada materi asam basa untuk meningkatkan keterampilan pro¬ses sains ditinjau dari jenis kelamin. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 159 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampl-ing dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Penelitian ini menggu-nakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2X2. Analisis statistik yang digunakan yaitu annova dua jalur dan uji t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) tidak terdapat interaksi antara pengunaan LKS dengan jenis kelamin terhadap KPS siswa pada materi asam basa; (2) rata-rata n-gain KPS siswa dengan pembelajaran menggunakan LKS berbasis pen-dekatan ilmiah lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional pada materi asam basa; (3) rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki dengan pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional pada materi asam basa; (4) rata-rata n-gain KPS siswa perempuan dengan pembelajaran meng-gunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah lebih tinggi dibandingkan dengan pem-belajaran menggunakan LKS konvensional pada materi asam basa; (5) rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki dengan pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa perempuan dengan pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah pada materi asam basa. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif untuk meningkatkan KPS ditinjau dari jenis kelamin. Kata kunci: LKS, pendekatan ilmiah, KPS, jenis kelamin, asam basa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 83144277 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2017 09:15
Terakhir diubah: 28 Jul 2017 09:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27580

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir