IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR BERDASARKAN GENDER DAN HUBUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII SE-KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

HAYATI , 1213024030 (2017) IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR BERDASARKAN GENDER DAN HUBUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII SE-KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1016Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (924Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, mengetahui perbedaan gaya belajar antar gender, dan mengetahui hubungan gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar. Sampel penelitian adalah 61 % siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung karang Barat Bandar Lampung yang berjumlah 259 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif untuk jenis gaya belajar siswa, serta secara statistik menggunakan uji perbedaan Mann-Whitney U Test untuk mengetahui perbedaan gaya belajar antar gender, dan uji korelasi Kendall’s Tau untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar yang dominan pada siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung karang Barat adalah auditorial (59 %). Terdapat perbedaan sigfikan antara gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik antar siswa laki-laki dan perempuan, dan tidak terdapat perbedaan signifikan antara gaya belajar auditorial antar siswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar. Ditemukan juga tingkat keeratan hubungan antara gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa adalah “sangat rendah”. Dengan demikian, gaya belajar siswa mempunyai hubungan yang tidak terlalu besar terhadap hasil belajar siswa, sehingga terdapat kemungkinan adanya faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Kata kunci : gaya belajar, gender, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 59847482 . Digilib
Date Deposited: 29 Jul 2017 03:10
Terakhir diubah: 29 Jul 2017 03:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27598

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir