PERSEPSI MASYARAKAT BATAK TOBA TERHADAP PERKAWINAN SEMARGA DALAM ADAT SUKU BATAK TOBA DI BAHAL GAJAH SIDAMANIK SIMALUNGUN SUMATERA UTARA

YUSAN ELPRIANI SIMANJUNTAK, 1313032097 (2017) PERSEPSI MASYARAKAT BATAK TOBA TERHADAP PERKAWINAN SEMARGA DALAM ADAT SUKU BATAK TOBA DI BAHAL GAJAH SIDAMANIK SIMALUNGUN SUMATERA UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1282Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1186Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Batak Toba terhadap perkawinan semarga dalam adat suku Batak Toba di Bahal Gajah Sidamanik Simalungun Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, subjek yang diteliti merupakan masyarakat Batak Toba berjumlah 2 orang, pemuka agama, tokoh adat 2 orang dan pelaku perkawinan semarga 2 orang. Teknik penelitian yang digunakan yaitu teknik penelitian triangulasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, maka dapat dilihat dari indikator pemahaman dominan responden masuk kedalam kategori paham terhadap perkawinan semarga, indikator tanggapan seluruh responden masuk kedalam kategori tidak setuju atau menolak perkawinan semarga dalam adat Batak Toba, dan indikator harapan responden mengatakan bahwa perkawinan semarga tidak berdampak positif dan mengharapkan perkawinan semarga tidak terjadi lagi guna menjaga keaslian dan keutuhan adat Batak Toba. Kata kunci : persepsi masyarakat, batak toba, perkawinan, semarga.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 57532132 . Digilib
Date Deposited: 29 Jul 2017 02:52
Terakhir diubah: 29 Jul 2017 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir