PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TRAPI UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK PEMANASAN GLOBAL

Fera Novrizawati, 1423022006 (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TRAPI UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK PEMANASAN GLOBAL. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3126Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2036Kb) | Preview

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan peserta didik untuk menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan. Kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, sehingga keterampilan berpikir kritis peserta didik pada umumnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Desain pengembangan dilaksanakan dengan model pengembangan Borg & Gall (1989) yang dilaksanakan dalam empat tahap penelitian, yaitu tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap evaluasi produk. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Hasil pengembangan model pembelajaran TRAPI terdiri atas lima fase, yaitu fase I tampilkan dan tanya, fase II rumuskan hipotesis, fase III ambil data, fase IV pemrosesan data, dan fase V inferensi dan implikasi. Model pembelajaran TRAPI memenuhi validitas konstruk, serta efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik terutama kemampuan mengambil keputusan. Penggunaan model pembelajaran TRAPI lebih efektif daripada pembelajaran langsung. Kata kunci: model pembelajaran TRAPI, berpikir kritis, pemanasan global ABSTRACT Critical thinking skills are greatly needed by students to solve problems. The fact is that not all learning models used by teachers in learning can foster critical thinking skills, critical thinking skills that students are generally still low. These skills need to be trained through the learning process by applying the learning model train critical thinking skills. This study aims to develop a model of learning that can foster critical thinking skills of students in the matter of global warming. Development design development model implemented by the Borg and Gall (1989) carried out in four stages of research, namely the information gathering stage, the planning stage, the stage of product development and product evaluation stage. This research was conducted at SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Results TRAPI learning model development consists of five phases, Phase I show and asked, phase II formulate hypotheses, phase III data capture, phase IV data processing and phase V of inference and implication. The learning model TRAPI meets construct validity, and effectively improve the critical thinking skills of students, especially the ability to take decisions. The use TRAPI learning model is more effective than direct instruction models. Keywords: TRAPI Learning Model, Critical Thinking, Global Warming

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > Q Science (General)
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: 2030399 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2017 03:23
Last Modified: 31 Jul 2017 03:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27624

Actions (login required)

View Item View Item