PENGARUH BIAS GENDER TERHADAP ICT LITERACY PEGAWAI SEKRETARIAT DAERAH DI PROVINSI LAMPUNG (Studi pada Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Timur, Pesawaran, dan Tulang Bawang Barat)

Muhamad Fajar Adisusilo, (1216031068) (2017) PENGARUH BIAS GENDER TERHADAP ICT LITERACY PEGAWAI SEKRETARIAT DAERAH DI PROVINSI LAMPUNG (Studi pada Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Timur, Pesawaran, dan Tulang Bawang Barat). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3926Kb) | Preview

Abstrak

Bias gender dalam teknologi diduga akan menghambat implementasi egovernment. Padahal untuk mencapai good governance membutuhkan partisipasi kompetensi teknologi tanpa memandang jenis kelamin. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui ICT literacy pada aparatur pemerintah daerah di Provinsi Lampung yang senjang secara digital, 2) mengungkapkan ICT literacy pada aparatur pemerintah daerah di Provinsi Lampung yang senjang secara digital berdasarkan bias gender. Pengetahuan dasar tentang teknologi, keterampilan teknis dalam menggunakan teknologi, dan sikap yang diperoleh akibat refleksi kritis penggunaan teknologi. Jumlah sampel penelitian sebanyak 75 responden. Untuk mengetahui tingkat ICT literacy dilakukan uji t-test di tiga kabupaten secara kesuluruhan menunjukan Thitung 111.802 > T-tabel 1.665 maka Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan ICT literacy pegawai Sekretariat Daerah di Provinsi Lampung yang senjang secara digital. Untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin dalam ICT literacy dilakukan uji beda pada Kabupaten Lampung Timur menunjukkan T-hitung 3.460, dan Kabupaten Pesawaran T-hitung sebesar 1.996 > T-tabel 1.713 maka Ho ditolak. Sedangkan Kabupaten Tulang Bawang Barat T-hitung 1.268 < T-tabel 1.713 maka Ho diterima yang artinya adanya perbedaan ICT literacy antara pegawai laki-laki dan perempuan pada Kabupaten Lampung Timur dan Pesawaran, sedangkan Kabupaten Tulang Bawang Barat tidak terdapat bias gender. Kata Kunci: kesenjangan digital, literasi TIK, e-governement, bias gender abstract Bias gender in technology is thought to hamper e-government implementation. Whereas to achieve good governance requires the participation of technological competence regardless of gender. The objectives of this research are: 1) knowing the ICT literacy of the local government apparatus in Lampung Province which is digital divide, 2) to reveal ICT literacy to the government officers in Lampung Province based on gender bias. This research uses Elena E. Pernia Assessment model with three dimension that is basic knowledge about technology, technical skill in using technology, and attitude obtained from critical reflection of technology usage. The number of research samples are 75 respondents. The result of t test to the samples in three districts shows that there is a difference of ICT literacy of Regency Secretariat Office in Lampung Province which is digital divide. Knowledge dimension shows t count> t table (106.157> 1.665), Skill dimension t count > t table (88.879 > 1.665), and Dimension Attitude t count > t table (113.068> 1.665). T test results show Ho is rejected. If Ho is rejected there is a difference of ICT literacy. The result of different in East Lampung Regency shows t count> t table (3.460> 1.713), and Pesawaran District t count> table (1.996> 1.713). Meanwhile, West Tulang Bawang Regency t count < t table (1.268 < 1.713). It can be concluded that there is gender bias in ICT literacy between the male and female government officers of the Regency Secretariat Office of East Lampung and Pesawaran Regency, whereas the Tulang Bawang Barat Regency has no gender bias. Keywords: digital divide, ICT literacy, e-governement, gender bias

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Komunikasi
Depositing User: 62999126 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2017 06:20
Last Modified: 31 Jul 2017 06:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27634

Actions (login required)

View Item View Item