EVALUASI KEMITRAAN ANTARA PETANI TEBU DAN PT PERKEBUNAN NUSANTARA VII UNIT USAHA BUNGA MAYANG, KECAMATAN BUNGA MAYANG, KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Iqbal Lazuardi Pranoto, 1214131050 (2017) EVALUASI KEMITRAAN ANTARA PETANI TEBU DAN PT PERKEBUNAN NUSANTARA VII UNIT USAHA BUNGA MAYANG, KECAMATAN BUNGA MAYANG, KABUPATEN LAMPUNG UTARA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS PERTANIAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1387Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1181Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan kemitraan, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam mengikuti kemitraan, menganalisis perbedaan pendapatan usahatani tebu antara petani mitra dan petani nonmitra, dan menganalisis kepuasan petani mitra terhadap pelaksanaan kemitraan di PTPN VII Bunga Mayang. Penelitian ini dilakukan di Desa Iso Rejo dan Desa Penangan Ratu. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Agustus-November 2016. Lokasi penelitian dipilih secara purposif. Responden terdiri dari 77 petani mitra yang dipilih menggunakan metode acak sederhana dan 20 petani nonmitra yang dipilih dengan menggunakan metode sensus. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan kemitraan secara keseluruhan sudah sesuai dengan kontrak yang disepakati oleh kedua belah pihak. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam mengikuti kemitraan di PTPN VII Bunga Mayang adalah pendidikan dan pendapatan per hektar. Pendapatan usahatani tebu petani mitra lebih besar daripada petani nonmitra. Kepuasan petani mitra terhadap pelaksanaan kemitraan secara keseluruhan berada pada kriteria "sangat puas". Kata kunci: kemitraan, kepuasan, pendapatan, petani tebu.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Pertanian > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: 16513687 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:44
Last Modified: 31 Jul 2017 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27636

Actions (login required)

View Item View Item