PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGANPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 DADAPAN KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Supartini, 1013127044 (2014) PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGANPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 DADAPAN KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENEGSAHAN.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (351Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi efektivitas model pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Dadapan Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian ini menggunakan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelakasanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi.Subyek yang di amati adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Dadapan, waktunya semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dengan lembar observasi untuk data aktivitas belajar siswa, pengambilan data hasil belajar dengan lembar tes. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa dengan model berbasis kontekstual aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada pra sisklus siswa yang aktif 3 siswa atau15%dan siklus 1siswa yang aktif berjumlah 5 siswa atau 15% sedangkan dalam siklus 2 siswa yang aktif berjumlah 16 siswa atau 70%. Sedangkan untuk hasil belajar yang mencapai KKM pada siklus 1 berjumlah 8 siswa (40%) dan 15 siswa yang belum mencapai KKM atau (60%), sedangkan pada siklus 2 siswa yang mencapai KKM 15 (75,00%) dan siswa yang tidak mencai KKM 5 (25,00%) Penelitian ini menunjukan bahwa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut peneliti menyimpulkan penggunaan metode CTL dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kata Kunci : Aktivitas, hasil belajarIPA, Pendekatan CTL

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 072251 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2014 03:20
Terakhir diubah: 19 Aug 2014 03:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2764

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir