KUALITAS PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) DI RUMAH SAKIT TIPE D (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pesawaran)

DITA MEINURISA, 1316041023 (2017) KUALITAS PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) DI RUMAH SAKIT TIPE D (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pesawaran). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1255Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (957Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota berkewajiban menyelenggarakan pelayanan publik di bidang kesehatan dalam rangka menyelenggarakan pembangunan kesehatan. Salah satu wujudnya adalah dengan menyediakan rumah sakit sebagai sarana yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Penyelenggraan pelayanan kesehatan yang berkualitas sangat penting sebab, pemerintah merupaka tumpuan pelayanan warga negara dalam memperoleh jaminan atas haknya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana kualitas pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Tipe D (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pesawaran). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian terdiri dari enam dimensi menurut Wibawa yakni; kepuasan, responsivitas, responsibilitas, transparansi, akuntabilitas, dan keadilan. Teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kualitas pelayanan di IGD RSUD Kabupaten Pesawaran cukup baik. Perlu adanya pengadaan sarana kotak saran untuk penyerapan aspirasi dari masyarakat yang diletakkan ditempat yang mudah dilihat sebab, IGD RSUD Kabupaten Pesawaran perlu mendapatkan masukan dari masyarakat dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pasien. RSUD Kabupaten Pesawaran juga perlu meningkatkan kelengkapan dan ketersediaan alat medis, kelayakan ruangan, kebersihan ruang tindakan dan kamar mandi pasien, serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan IGD. Sebab, berdasarkan rekapitulasi jawaban angket hal-hal tersebut memperoleh skor terkecil. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan ABSTRACT Provincial and district governments or city have the obligation to hold public service in the healt sector in order to carry out health development. One of it’s existence is to have the hospital as a means of provide health service to society. The health service quality is very important because, the governmnet is the foundation of the service of citizens to obtainguarantees for their rights. This research discusses how service quality Installation of Emergency Hospital type D (Study Case in Pesawaran Hospital). The method used was descriptive qualitative approach. The focus of the research composed of six dimensions according to the authority; satisfaction, responsiveness, responsibility, transparency, accountabi;ity, and fairness. Enggineering the data collection used data reduction, the presentation of data, and the withdrawal of the conclution. The research of service quality in Emergency Installation in Pesawaran Hospital was good enough. Needed for the procurement of means of suggestion box for the obsdorption of the aspirations of a community that was put in place that are easily visible for Emergency Installation Pesawaran Hospital need to get input from the community in an effort to improve the completeness and availability of medical instruments, the feasibility of the room, cleanliness of room and the patient’s actions, as well as improve the security and comfort the environment of the Emergency Installation. Because, based on the recapitulation answer question form the stuff the smallest score. Keywords : Public Service, Service Quality

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 41297423 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2017 06:19
Terakhir diubah: 01 Aug 2017 06:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27649

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir