DIKA PRATIWI ADIFA , 1318011058 (2017) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN KOMUNIKASI DENGAN KEAKTIFANMAHASISWA DALAM DISKUSI PROBLEM-BASED LEARNING FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (594Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (519Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Latar Belakang: Problem-Based Learning (PBL) merupakan sistem pembelajaran strategis yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pembelajaran yang kolaboratif, kontekstual dan mandiri. Faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan PBL adalah skenario yang tepat, fasilitator yang bertanggung jawab dan mahasiswa yang mampu berperan aktif dalam PBL. Faktor seperti kurangnya persiapan, keterampilan komunikasi dan kecemasan dapat mempengaruhi keaktifan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan komunikasi terhadap keaktifan mahasiswa dalam diskusi PBL. Metode Penelitian: Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 240 responden dengan pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Data tingkat kecemasan komunikasi didapatkan melalui pengisian kuesioner kecemasan komunikasi dan keaktifan saat diskusi PBL dari instrumen keaktifan. Uji analisis menggunkan uji chi-square. Hasil: Terdapat hubungan yang bermakna antara kecemasan komunikasi terhadap keaktifan dalam diskusi PBL dengan p = 0,001 (p<0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat kecemasan komunikasi dengan keaktifan mahasiswa saat Problem-Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: keaktifan, problem-based learning, tingkat kecemasan komunikasi. ABSTRACT Background: Problem-Based Learning (PBL) is a strategic learning system design which aimed at enhancing and optimizing the collaborative learning, contextual and selfdirected. Factors that influence PBL’s success are a good scenario, responsible facilitator and students who can be able to active in PBL. Factors such us lack of preparation, communication skills and anxiety can affect the activeness. This study aims to determine the relationship between anxiety level of communication with activeness on PBL. Methods: The design of study was cross sectional quantitative. The sample in this study were 240 respondents. with a total sampling technique. Anxiety level of communication’s data obtained through anxiety scale communication and activeness on PBL get by instrument of activeness. The analysis test using chi- square. Result: There is a significant relationship between anxiety level of communication with activeness on PBL with p = 0,000 (p<0,05). Conclutions: There was a relationship between anxiety level of communication with activeness on PBL medical student of Lampung University. Keywords: activeness, problem-based learning, anxiety level of communication.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > R Medicine (General) |
Program Studi: | Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter |
Pengguna Deposit: | 11426755 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 06:50 |
Terakhir diubah: | 01 Aug 2017 06:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27657 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |