PERBANDINGAN SOFT SKILL ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II DAN FISHBOWL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS VII SMP XAVERIUS 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KATARINA LISTIANI , 1313031051 (2017) PERBANDINGAN SOFT SKILL ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II DAN FISHBOWL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS VII SMP XAVERIUS 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1731Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1510Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Soft Skill siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Soft Skill siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw II dan Fishbowl dengan memperhatikan Kecerdasan Emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan soft skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw II dan Fishbowl pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2) Soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw II lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Fishbowl bagi siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional (EQ) tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu, (3) Soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw II lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Fishbowl bagi siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional (EQ) rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu, (4) Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan kecerdasan emosional (EQ) terhadap soft skill siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata Kunci: Emotional Quotient, Fishbowl, Jigsaw II, Soft Skill.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 64411474 . Digilib
Date Deposited: 02 Aug 2017 02:45
Terakhir diubah: 02 Aug 2017 02:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27666

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir