PENGARUH LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

INDAH MAYASARI , 1313023038 (2017) PENGARUH LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1439Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1350Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh LKS berbasis inkuiri terbim-bing terhadap peningkatan keterampilan menyimpulkan dan mengomunikasikan. Inkuiri terbimbing terdiri dari 5 tahap, yaitu mengajukan pertanyaan dan permasa-lahan, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA YP Unila Bandarlampung semester genap Tahun 2016-2017. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas X MIPA 8 dan X MIPA 2 sebagai sam-pel. Pengaruh LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam menyimpulkan dan mengomunikasikan ditunjukkan oleh perbedaan yang signifikan pada rata-rata n-gain antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Data diuji dengan analisis rata-rata n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, Independent Sample T Test, Paired Sample T Test dan Effect size. Hasil penelitian menunjukkan Independent Sample T Test diperoleh sig. sebesar 0,00 dengan rata-rata n-gain keterampilan menyimpulkan kelas kontrol dan eks-perimen masing-masing 0,3 dan 0,6 serta rata-rata n-gain keterampilan mengomu-nikasikan kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,2 dan 0,7. Effect size pada keterampilan menyimpulkan sebesar 0,93 dengan kategori besar, dan pada keterampilan mengomunikasikan sebesar 0,94 dengan kategori besar. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan menyimpulkan dan mengomunikasikan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan mengomunikasikan, keterampilan menyimpulkan, lembar kerja siswa

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 87646525 . Digilib
Date Deposited: 02 Aug 2017 07:49
Last Modified: 02 Aug 2017 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27685

Actions (login required)

View Item View Item