HANNI DWIPUTRI , 1313023034 (2017) PENGARUH LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI VARIABEL DAN MENENTUKAN LANGKAH KERJA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (787Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (683Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan mengidentifikasi variabel dan me- nentukan langkah kerja pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIPA di SMA YP Unila Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 8 sebagai kelas eksperimen ( siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol ( Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non-equivalent pretest posttest control group design. Pengaruh LKS ber- basis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam meng- identifikasi variabel dan menentukan langkah kerja ditunjukkan oleh perbedaan yang signifikan antara rata-rata n-gain siswa kelas eksperimen dengan rata-rata n-gain siswa kelas kontrol. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi uji perbedaan dua rata-rata dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan mengidentifikasi variabel pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,12 dan 0,69, sedangkan rata-rata n-gain keterampilan menentukan langkah kerja pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,21 dan 0,69. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, kelas yang diterap- kan LKS berbasis inkuiri terbimbing memiliki keterampilan mengidentifikasi variabel dan keterampilan menentukan langkah kerja yang lebih tinggi daripada kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non- elektrolit berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan mengidentifikasi variabel dan menentukan langkah kerja. Kata kunci : LKS, inkuiri terbimbing, larutan elektrolit dan non-elektrolit, keterampilan mengidentifikasi variabel, keterampilan menentukan langkah kerja
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 53397970 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 01:50 |
Terakhir diubah: | 03 Aug 2017 01:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27693 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |