KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS X SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN AJARAN 2016/2017 (SUATU KAJIAN ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA)

Joko Setyo Nugroho, 13130410369 (2017) KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS X SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN AJARAN 2016/2017 (SUATU KAJIAN ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA). FKIP, Universitas lampung.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1216Kb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1098Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS X SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN AJARAN 2016/2017 (SUATU KAJIAN ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA) Oleh Joko Setyo Nugroho Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah, yaitu bagaimanakah kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas X SMAN 1 Bandar Sribhawono berdasarkan kajian analisis kesalahan berbahasa? Kesalahan berbahasa sangat erat kaitannya dengan pembelajara n bahasa. Oleh karena itu, kesalahan - kesalahan yang terja di perlu dikaji secara mendalam karena kesalahan tersebut merupakan bagian integral dari proses belajar bahasa yang dilakukan oleh siswa . Penelitian menge nai kesalahan berbahasa ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa yang terjadi pada karangan siswa kelas X SMAN 1 Bandar Sribhawono berdasarkan analisis kesalahan berbahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data pada p enelitian ini adalah karangan siswa kelas X SMAN 1 Bandar Sribh awono . Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi. Siswa diberikan tugas untuk membuat karangan yang selanjutnya dianalisis berdasarkan tiga taksonomi analisis ke salahan berbahasa, yaitu taksonomi kategori linguistik, taksonomi siasat permukaan, dan taksonomi efek komunikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam karangan siswa kelas X SMAN 1 Bandar Sribhawono terdapat k esalahan berbahasa , (1) berdasarkan taks onomi kategori linguistik meliputi kesalahan, (a) penulisan huruf, (b) penulisan kata, (c) penulisan tand a baca; (2) berdasarkan taksonomi siasat permukaan meliputi kesalahan, (a) penghilangan, (b) penambahan, (c) formasi, (d) sus un; dan (3) berdasark an taksonomi efek komunikatif meliputi kesalahan, (a) global dan (b) lokal. Kata Kunci: kesalahan berbahasa, karangan siswa, taksonomi kesalahan berbahasa

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 45605841 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:47
Last Modified: 10 Aug 2017 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27698

Actions (login required)

View Item View Item