MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI KEBERBAKATAN OLAHRAGA LAMPUNG

HENDRA ADHA ZAKAKALANA, 1423012030 (2017) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI KEBERBAKATAN OLAHRAGA LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] Text
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1590Kb)
[img]
Preview
Text
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1359Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI KEBERBAKATAN OLAHRAGA LAMPUNG OLEH HENDRA ADHA ZAKAKALANA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan peserta didik, pengorganisasian peserta didik, pembinaan peserta didik, evaluasi peserta didik, faktor pendukung dan kendala dalam pelaksanaan kegiatan peserta didik di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Perencanaan penerimaan peserta didik dilakukan dengan mengadakan rapat di awal tahun dengan membahas alokasi penerimaan peserta didik di setiap kecabangan, menentukan panitia tim seleksi dan mengadakan jadwal tes kecabangan, (2) pengorganisasian peserta didik dilakukan dengan cara pengelompokan kelas dan jurusan berdasarkan kemampuan akademik dan pengelompokan kecabangan berdasarkan keberbakatan yang di miliki peserta didik, memberikan wewenang kepada wali kelas dan pelatih untuk membinanya, (3) pembinaan peserta didik dimulai sejak peserta didik masuk sebagai peserta didik untuk membina kedisiplinan peserta didik, pembinaan akademik di mulai dengan mengatur tugas dan jadwal pembelajaran sedangkan pembinaan non akademik di gunakan untuk menyalurkan minat dan keterampilan yang dimiliki peserta didik, (4) Evaluasi peserta didik yang dilakukan sekolah yaitu evaluasi akademik dengan secara berkala, sedangkan evaluasi bakat minat dilakukan dengan cara melihat perkembangan peserta didik dalam latihan keberbakatan dan membuat hasil laporannya secara berkala, (5) faktor pendukung pelaksanaan kegiatan peserta didik di SMA Negeri Keberbakatan Lampung adalah pembelajaran keberbakatan olahraga, kelengkapan sarana dan prasarana, kualitas SDM didukung guru dan pelatih yang memenuhi standar pendidikan. Sedangkan faktor kendala kegiatan peserta didik adalah kesulitan dalam perekrutan peserta didik. Kata kunci : manajemen peserta didik, perencanaan, pengorganisasian, pembinaan, evaluasi. ABSTRAK STUDENT MANAGEMENT SMA NEGERI KEBERBAKATAN OLAHRAGA LAMPUNG BY HENDRA ADHA ZAKAKALANA This study aims to analyze and describe the planning of student, organizing student, guidance of student, evaluation of student, supporting factors and constraints in the implementation of the activities of students in SMA Negeri Keberbakatan olahraga Lampung. This research uses qualitative approach with phenomenology. Data collection techniques are conducted by observation, interview and documentation. Data analysis using interactive models Miles and Huberman. The results showed that : (1) Planning acceptance of student is done by holding meetings at the beginning of the year by discussing the allocation of student acceptance in each faction, determine the selection team committee and hold the test schedule foliage, (2) The organizing of the students is done by grouping the class and the department based on the academic ability and grouping the faction based on the giftedness that the student have, giving the authority to the homeroom and the trainer to develop it, (3) Guidance of student starting from student enter as student to foster the discipline of student, academic coaching starts by organizing tasks and learning schedule while non academic coaching is used to channel the interests and skills of student, (4) Evaluation of students conducted by the school is academic evaluation on a regular basis, while the talent evaluation of interest is done by looking at the development of student in training giftedness and make the results of the report periodically, (5) Factors supporting the implementation of the activities of students in high school gifted Lampung is learning sports talent, completeness of facilities and infrastructure, quality of human resources supported teachers and trainers who meet educational standards. While the constraints factor of the student' activities is the difficulty in recruiting student. Keywords: student management, planning, organizing, guidance, evaluation

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: 6633963 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2017 07:06
Last Modified: 04 Aug 2017 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27725

Actions (login required)

View Item View Item