RANCANG BANGUN APLIKASI E - LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID (Studi Kasus MIN 6 Bandar Lampung)

PUTRI DWI CANTIKA, 1317051047 (2017) RANCANG BANGUN APLIKASI E - LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID (Studi Kasus MIN 6 Bandar Lampung). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2713Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2615Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRACT DESIGN AND DEVELOPMENT OF E - LEARNING APPLICATION FOR ISLAMIC RELIGIOUS LEARNING BASED ON ANDROID (Case Study MIN 6 Bandar Lampung) By PUTRI DWI CANTIKA Islamic religious education is very important for human life, especially in achieving inner peace and mental health in general, Islam is the best life guidance, prevention of wrongdoing and munkar the most powerful, unmatched moral control. This system aim s as an alternative media to facilitate children and teachers and parents who want to get information about Islamic learning materials for early childhood and elementary school children. In this research, E - Learning application for Islamic learning built b ased on android using Java programming language. The method used in this application is the Waterfall method, and is designed using Unifield Modeling Language (UML). This application contains data of Islamic learning materials for children ages 3 - 11 years that can facilitate the user to understand and know the learning of Islam. The results of test data using Equivalence Partitioning testing, shows that the management rules (rule) system can run according to function and the system can provide information w ell. In addition, based on testing data, this application is the application of User Friendly variable category with an average value of 4.33 (very good). Keywords : Android, E - Learning , Islamic learning , Java Programming , Unifield Modeling Language (UML) ABSTRAK RANCANG BANGUN APLIKASI E - LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID (Studi Kasus MIN 6 Bandar Lampung) Oleh PUTRI DWI CANTIKA Pendidikan agama Islam sangat penting bagi kehidupan manusia, terutama dalam mencapai ketentraman batin dan kesehatan mental pada umumnya, agama Islam merupakan bimbingan hidup yang paling baik, pencegah perbuatan salah dan mungkar yang paling ampuh, pengendali moral yang tiada taranya. Sistem ini bertujuan sebagai media alternatif untuk mempermudah anak - anak maupun guru dan orang tua yang ingin mendapatkan informasi mengenai materi pembelajaran agama Islam untuk anak usia dini dan anak SD . Dalam penelitian ini, apl ikasi E - Learning untuk pembelajaran agama Islam yang dibangun berbasis android menggunakan bahasa pemrograman Java. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini adalah metode Waterfall, dan didesain menggunakan Unifield Modeling Language (UML). Aplikasi ini didalamn ya memuat data materi pembelajaran agama Islam untuk anak - anak usia 3 - 11 tahun yang dapat mempermudah pengguna untuk memahami dan mengetahui pembelajaran agama Islam . Hasil data pengujian menggunakan pengujian Equivalence Partitioning, menunjukkan bahwa pe ngelolaan aturan ( rule) sistem dapat berjalan sesuai fungsinya dan sistem dapat memberikan informasi dengan baik. Selain itu berdasarkan data pengujian, aplikasi ini adalah aplikasi kategori variabel User Friendly dengan nilai rata - rata 4,33 (sangat baik). Kata Kunci: Android, E - Learning , Agama Islam , Pemrograman Java, Unifield Modeling Language (UML)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> QA Mathematics > QA76 Computer software
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: 71791248 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2017 07:29
Terakhir diubah: 07 Aug 2017 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27769

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir