KOMUNIKASI KELUARGA BATAK MANDAILING DALAM MEMPERTAHANKAN TRADISI PERKAWINAN PARIBAN (STUDI PADA KELUARGA BATAK MANDAILING DI KABUPATEN MESUJI)

Ulul Ma’rifah Harahap, 1316031074 (2017) KOMUNIKASI KELUARGA BATAK MANDAILING DALAM MEMPERTAHANKAN TRADISI PERKAWINAN PARIBAN (STUDI PADA KELUARGA BATAK MANDAILING DI KABUPATEN MESUJI). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1160Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1161Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkawinan pariban adalah perkawinan yang di anjurkan untuk di lakukan dalam adat Batak untuk lebih mempererat kekeluargaan. Akan tetapi di perantuan perkawinan ini sudah jarang di lakukan. Untuk mempertahankan agar perkawinan ini adanya komunikasi keluarga yang efektif antara orang tua dan anak dengan di kaji dengan teori Joseph Devito melalui pendekatan aspek humanistik yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi keluarga yang terjalin antara orang tua dan anak sudah cukup baik dan mencakup lima aspek kualitas utama komunikasi antar pribadi Joseph Devito untuk mempertahankan tradisi perkawinan pariban di perantauan. Akan tetapi perkawinan pariban tetap jarang dilakukan karena orang tua tidak memaksa dan hanya menganjurkan. Selebihnya keputusan di berikan kepada si anak. Kata Kunci : Keluarga, Komunikasi Antar Pribadi, Perkawinan Pariban

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HM Sociology
> HQ The family. Marriage. Woman
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 91491203 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:52
Terakhir diubah: 08 Aug 2017 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27771

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir