PENGARUH MOBILITAS CLUSTER HEAD NODE PADA WIRELESS SENSOR NETWORK (WSN) UNTUK PEMANTAUAN AKTIFITAS PERGERAKAN GAJAH DALAM AREA PENANGKARAN

NIKEN DYAH PRABANDARI, (1315031101) (2017) PENGARUH MOBILITAS CLUSTER HEAD NODE PADA WIRELESS SENSOR NETWORK (WSN) UNTUK PEMANTAUAN AKTIFITAS PERGERAKAN GAJAH DALAM AREA PENANGKARAN. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (9Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Gajah merupakan hewan yang dilindungi di Indonesia karena terancam punah, salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan Gajah adalah dengan dibuat suatu penangkaran. Namun masih terdapat kemungkinan gajah keluar penangkaran. Oleh karena itu dibutuhkan satu teknologi yang dapat memantau aktifitas pergerakan gajah agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dapat dilakukan aksi yang cepat. Teknologi tersebut adalah Wireless sensor network (WSN). WSN merupakan sekumpulan sensor node yang saling bekerjasama untuk memantau suatu lingkungan dalam jangka panjang. WSN umumnya terdiri dari area yang akan dipantau, sejumlah sensor node, pengumpul data (sink node) dan pengolah data. Awalnya sifat node pada WSN adalah diam (static), namun node yang paling dekat dengan sink node akan lebih cepat kehabisan energi untuk kasus multi hop. Maka dari itu sensor node dibagi menjadi kelompok-kelompok (cluster) dan memiliki cluster head node. Cluster head node dapat bersifat diam atau bergerak. Pada penelitian ini dilakukan simulasi dengan membandingkan cluster head node yang diam dan bergerak untuk mengetahui distribusi energi dan waktu hidup (lifetime) jaringan. Hasil dari simulasi adalah cluster head node yang bergerak (mobile) mendapatkan distribusi energi yang merata dan waktu hidup (lifetime) yang lebih panjang dibanding dengan yang diam (static). Kata kunci : Wireless sensor network (WSN), sensor node, cluster head node, static node, mobile node, energi, lifetime.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir
> Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 53095017 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2017 06:24
Terakhir diubah: 07 Aug 2017 06:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27773

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir