ANALISIS KOMPARATIF STRATEGI BISNIS RUMAH MAKAN BAKSO SON HAJI SONY DAN RUMAH MAKAN BAKSO MAS YON BANDAR LAMPUNG

ELI AGUSTIN, 1311011054 (2017) ANALISIS KOMPARATIF STRATEGI BISNIS RUMAH MAKAN BAKSO SON HAJI SONY DAN RUMAH MAKAN BAKSO MAS YON BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1213Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (861Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perubahan gaya hidup dan perilaku konsumsi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari makin mempengaruhi minat masyarakat untuk mengkonsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji dipilih karena beberapa hal antara lain waktu pemesanan yang singkat, pelayanan yang baik, rasa, dan mutu yang ditawarkan oleh perusahaan. Perubahan ini dimanfaatkan oleh perusahaan yang menawarkan produk makanan cepat saji sebagai peluang mereka untuk membuka gerai baru. Bandar Lampung adalah salah satu kota di Indonesia yang menjadi pilihan Rumah Makan Bakso Son Haji Sony dan Rumah Makan Bakso Mas Yon sebagai salah satu perusahaan besar penyedia makanan cepat saji. Tingginya persaingan rumah makan penyedia makanan cepat saji di wilayah Pagar Alam kota Bandar Lampung mengharuskan Rumah Makan Bakso Son Haji Sony dan Rumah Makan Bakso Mas Yon gerai Pagar Alam untuk memaksimalkan seluruh peluang dan kelebihannya serta mengantisipasi ancaman dan meminimalisir kelemahan yang ada untuk menjaring konsumen dan berkompetisi dibidang penyedia makanan cepat saji. Didirikan di lokasi yang sangat strategis Rumah Makan Bakso Son Haji Sony dan Rumah Makan Bakso Mas Yon Pagar Alam sudah memiliki pesaing yang terlebih dahulu dibuka di lokasi yang sangat dekat, hal ini menjadi salah satu ancaman Rumah Makan Bakso Son Haji Sony dan Rumah Makan Bakso Mas Yon sebagai penyedia barang dan jasa yang sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi Rumah Makan Bakso Son Haji Sony dan Rumah Makan Bakso Mas Yon Pagar Alam. Menganalisis alternatif strategi apa yang sesuai dan merekomendasikan prioritas strategi yang dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan tahapan formulasi- formulasi yaitu matriks IFE dan matriks EFE, matriks IE, SWOT, pemilihan alternatif strategi prioritas dengan metode QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal terdapat 16 kekuatan dan 9 kelemahan, dan faktor eksternal terdapat 9 peluang dan 7 ancaman pada Rumah Makan Bakso Son Haji Sony. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan total skor sebesar 2,948 dan 2,334. Sedangkan pada Rumah Makan Bakso Mas Yon menunjukkan bahwa faktor internal terdapat 11 kekuatan dan 14 kelemahan, dan faktor eksternal terdapat 9 peluang dan 7 ancaman. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan total skor sebesar 2,948 dan 2,434. Hasil perumusan dan pemetaan matriks IE kedua rumah makan bakso ini berada pada posisi mempertahankan dan memelihara. Strategi yang tepat untuk dijalankan yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis SWOT dihasilkan 8 strategi yang kemudian diprioritaskan dengan metode QSPM. Kata kunci: Rumah Makan Bakso Son Haji Sony dan Rumah Makan Bakso Mas Yon , Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM. ABSTRACT Changes in lifestyle and consumption behavior of people in everyday life increasingly affect the interest of the public to consume fast food. Fast food chosen for several reasons, among others, ordering a short time, good service, taste, and quality offered by the company. These changes are used by many companies that offer fast food products as an opportunity for them to open new outlets. Bandar Lampung is one of the cities in Indonesia is the choice of Bakso Son Haji Sony and Bakso Mas Yon restaurant as one of the major providers of fast food. High competition provider of fast food restaurants in the city of Bandar Lampung require Bakso Son Haji Sony and Bakso Mas Yon restaurant outlets to maximize all the opportunities and advantages as well as to anticipate the threat and minimize the weaknesses that exist to attract customers and compete in the field of fast food providers. Established in a very strategic location Bakso Son Haji Sony and Bakso Mas Yon restaurant Pagar Alam own competitor who first opened at the location which is very close, it is becoming one threat to Bakso Son Haji Sony and Bakso Mas Yon restaurant as a provider of goods and services were similar. This study aims to identify the internal factors into strengths and weaknesses as well as external factors into opportunities and threats for Bakso Son Haji Sony and Bakso Mas Yon restaurant on street Z.A Pagar Alam. Analyze what the appropriate strategic alternatives and recommends strategic priorities were analyzed with descriptive analysis method and formulations which stages IFE and EFE matrix, IE matrix, SWOT, alternative selection method priority strategies QSPM. These results indicate that internal factors are 16 strengths 9 weaknesses, and external factors there are 9 opportunities and 7 threats. Based on IFE and EFE matrix to produce a total score 2,948 dan 2,334 of Bakso Son Haji Sony restaurant. And then the results indicate that internal factors are 11 strengths 14 weaknesses, and external factors there are 9 opportunities and 7 threats. Based on IFE and EFE matrix to produce a total score 2,948 dan 2,434 of Bakso Mas Yon restaurant. The results of the formulation and mapping matrix IE, Bakso Son Haji Sony and Bakso Mas Yon restaurant on street Z.A Pagar Alam be in a position to hold and maintain. The right strategy is market penetration and product development strategies. SWOT analysis produced eight strategies are then prioritized by the method QSPM. Keywords: Bakso Son Haji Sony and Bakso Mas Yon restaurant, Internal Factors, External Factors, IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, and QSPM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 2826116 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2017 08:31
Terakhir diubah: 07 Aug 2017 08:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27784

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir