PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 PATOMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

DIDIT PRASETIANTO , 1313053038 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 PATOMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1216Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1418Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Patoman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control grup desain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPS. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Discovery Learning. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 67 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan IVA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa dengan teknik pengambilan purpose sampling. Metode yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis dengan Uji Regresi Linear dan Uji-t . Kata kunci : Discovery Learning, Kemampuan Kognitif,Hasil Belajar IPS ABSTRACT The Problems in this research is still low student learning result of IPS at class IV SD Negeri 1 Patoman academic. This research is a quasi experimental research with research design posttest only control grup desain. The purpose of this study is to know effect of using Discovery Learning model on IPS learning outcomes. The independent variable in this research is Discovery Learning model. the dependent variable in this study is the result of IPS learning.The population of this research is students of class IV of 67 students. The sample in this research is Thirty-two (32) students on a class IVB as experimental group and thirty-five (35) students on a class IVA as control group with purposive sampling technique. The method used is observation and test. Data were statistically analyzed using Linear Regression Test and T-test. Keywords: Discovery Learning Model, IPS Learning, IPS Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 87086703 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:14
Terakhir diubah: 08 Aug 2017 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27802

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir