Diesna Kutacane, 1013053008 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I B SD NEGERI 7 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1203Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1204Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas I B SD N 7 Metro Pusat dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik melalui penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, di mana setiap siklusnya terdiri tahap (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I dalam katagori “cukup”, pada siklus II meningkat menjadi katagori “baik”, dan pada siklus III mengalami peningkatan masih dalam katagori “baik”. Rata-rata hasil belajar siswa pada aspek afektif pada siklus I katagori “mulai terlihat” pada siklus II meningkat masih dalam katagori “mulai terlihat” dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi katagori “mulai berkembang”. Hasil belajar pada aspek psikomotor pada siklus I dalam katagori “cukup terampil”, pada siklus II meningkat masih dalam katagori “cukup terampil” dan pada siklus III meningkat menjadi katagori “terampil”. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I katagori “rendah” siklus II meningkat menjadi katagori “sedang” dan pada siklus III meningkat menjadi katagori “tinggi”. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, motivasi, picture and picture
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 0158692 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 07:23 |
Terakhir diubah: | 08 Aug 2017 07:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27811 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |