PENGEMBANGAN LKS MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMK

DIAN PURNAMAWATI, 1423022027 (2017) PENGEMBANGAN LKS MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2017Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1757Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Mata pelajaran fisika sampai saat ini masih merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Hal ini menjadikan sebuah tantangan tersendiri, bagi guru fisika untuk membuat pelajaran fisika menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami siswa. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan dapat menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.Inkuiri salah satu model pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Proses pembelajaran yang melatih siswa berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa kendala, salah satunya adalah pembelajaran masih terpusat kepada guru belum kepada siswa. Pembelajaran akan lebih efektif, jika didukung dengan bahan ajar yang berupa LKS. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS dengan model inkuiri untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat timggi siswa. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development.Tahap awal dalam pengembangan LKS adalah pengumpulan informasi, tahap kedua perencanaan, kemudian tahap ketiga pengembangan produk awal, selanjutnya dilakukan uji validasi isi dan validasi konstruk melalui instrument angket dan diperoleh kategori baik serta layak dipergunakan. Setelah LKS dinayatakan layak maka dilakukan uji coba lapangan. Untuk mengetahui efek produk yang dikembangkan dilakukan pembagian angket respon siswa. Hasil menunjukkan skor kemenarikan 3,13, skor keterbacaan 3,09 dan skor kemanfaatan 3,3. Artinya menunjukkan kategori baik. Hasil uji efektivitas diketahui dari nilai pretest dan postest yang mengalami peningkatan serta N-gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Keefektifan LKS juga dilihat berdasarkan presentase ketuntasan belajar untuk kelas eksperimen diperoleh 95,83% dan untuk kelas kontrol 66,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan produk yang dikembangkan yaitu LKS dengan model inkuiri efektif menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMK . Kata Kunci : LKS, Model Inkuiri, Keterampilan berpikir Tingkat Tinggi. ABSTRACT Physics so far is considered to be a difficult subject by most students. It is a special challenge for physics teachers to make this subject into more exciting and easy to understand subject for students. Therefore, a learning model that enable students to be active and to grow their high level thinking skills is required. A learning process that train students to have high thinking skills presents some problems, and one of them is teacher oriented learning, not student oriented learning. Learning will be more effective when it is supported by teaching materials in form of student’s working sheet (SWS). The objective of this research was to develop student’s working sheet with inquiry model to grow high level thinking skill. This was a research and development research method. The initial stage of the SWS development was collecting information, the second stage was planning, the third stage was initial product development, and then followed with content and construct validation tests through questionnaires and the result was that it belonged to good category and proper to use. After the SWS was stated to be proper, the field test was conducted to find out the effect of developed product by distributing students’ response questionnaires. The results showed score of attractiveness of 3.13; readability score of 3.09, and usefulness score of 3.3. It indicated good categories. The effectiveness test result was determined from pretest and posttest scores which improved and from N-gain of experiment classroom which was higher that control classroom. SWS effectiveness was also considered from learning accomplishment percentage for experiment classroom (95.83%) compared to control classroom (66.67%). The conclusion was that the developed SWS product with inquiry model was effective to grow vocational school student’s high level thinking skill. Keywords : SWS, inquiry model, high level thinking skill

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 6913437 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:19
Terakhir diubah: 09 Aug 2017 04:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27829

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir