PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN SISWA BERBASIS RECIPROCAL TEACHING MATERI FLUIDA DINAMIS PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS

SITI NINGRUM, 1313022066 (2017) PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN SISWA BERBASIS RECIPROCAL TEACHING MATERI FLUIDA DINAMIS PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (771Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (710Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Komponen penting sebagai penunjang keaktifan peserta didik secara langsung dalam pelaksanaan proses pembelajaran salah satunya adalah sumber belajar. Sumber belajar tersebut biasanya berupa buku siswa atau buku pelajaran yang memuat kegiatan pembelajaran, namun tidak semua buku pelajaran memuat kegiatan pembelajaran yang menuntut keaktifan dan kemandirian peserta didik, sedangkan pelajaran fisika merupakan pelajaran yang sulit dipahami jika hanya dari penjelasan guru dan bergantung pada buku siswa saja. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan untuk menghasilkan buku suplemen siswa berbasis reciprocal teaching materi fluida dinamis untuk siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sumberejo yang tervalidasi, menarik, mempermudah siswa memahami materi, bermanfaat sebagai sumber belajar penunjang, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian pengembangan, dan desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Telah dilakukan uji ahli produk yang terdiri dari uji ahli desain dengan diperoleh skor 3,37 (sangat layak), uji ahli materi dengan hasil materi sudah baik. Uji kemenarikan, kemudahan, dan kebermanfaatan yang telah dilakukan oleh siswa diperoleh kemenarikan dengan skor 3,23 (menarik), kemudahan dengan skor 3,27 (sangat mudah), dan kebermanfaatan dengan skor 3,25 (bermanfaat). Kemudian telah dilakukan uji keefektifan produk dengan hasil 80,77 % siswa telah mencapai KKM pada penilaian ranah kognitif. Kata kunci: buku suplemen siswa, fluida dinamis, reciprocal teaching

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 50422892 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:35
Terakhir diubah: 09 Aug 2017 04:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27839

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir