STUDI APLIKASI INOKULUM FUNGI Geotrichum sp. PADA KONDISI ASAM DENGAN MEDIA SORGHUM (Sorghum bicolor L.) TERHADAP KUALITAS KOMPOS SERASAH

Sarah Niati, 1317021068 (2017) STUDI APLIKASI INOKULUM FUNGI Geotrichum sp. PADA KONDISI ASAM DENGAN MEDIA SORGHUM (Sorghum bicolor L.) TERHADAP KUALITAS KOMPOS SERASAH. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (721Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (722Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dekomposisi lignin pada proses pengomposan secara alami dalam kondisi asam berjalan lambat. Penambahan fungi Geotrichum sp. sebagai aktivator pengomposan yang memiliki sifat lignolitik diharapkan mampu mempercepat laju penguraian lignin dan tahan terhadap kondisi lingkungan asam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pH terhadap produktivitas dan viabilitas spora inokulum fungi Geotrichum sp. serta mengetahui pengaruh pemberian inokulum Geotrichum sp. pada kualitas kompos dengan pemberian perlakuan yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2017 di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi. Tahap pertama penelitian digunakan Tujuh perlakuan pH yaitu pH 3; 3,4; 4; 4,4; 5; 5,4; 6 dengan parameter produktifitas spora dan viabilitas fungi. Tahap kedua dilakukan dengan empat perlakuan pengomposan yaitu K0 (tanpa penambahan Inokulum), K1 (penambahan inokulum pH 3), K2 (penambahan inokulum pH 4), K3 (penambahan inokulum pH 6) dengan parameter kadar C, Kadar N dan rasio C/N. Hasil data penelitian dianalisis menggunakan Analisis Of Varians (ANOVA) dan uji lanjutan BNT taraf 5% jik terdapat beda nyata. Hasil penelitian menunjukan produktivitas spora tertinggi diperoleh pada pH 6,0 dan viabilitas tertinggi pada pH 4,0. Sedangkan penambahan inokulum pada proses pengomposan belum menunjukan adanya pengaruh inokulum pada awal pengomposan. Kata kunci : Dekomposisi, Geotrichum sp., Produktivitas spora, Viabilitas spora, Kadar C, Kadar N, Kadar C/N.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 93288025 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2017 05:05
Terakhir diubah: 10 Aug 2017 05:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27860

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir