Dwi Taradita Sari, 1213034024 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2420Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1497Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar serta pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan metode ceramah terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Penelitian ini menggunakan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar serta terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode ceramah terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Hasil dari uji efek termasuk dalam kriteria tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan t-test dan effectt size dengan ketuntasan 97% pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64,70% serta hasil uji effect size termasuk dalam kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model STAD lebih tingggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode ceramah, serta penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah. Kata Kunci: hasil belajar geografi, metode ceramah, Student Team Achievement Division (STAD) ABSTRACT This research was to determine the difference of learning outcomes and the effect of cooperative learning in Student Team Achievement Division (STAD) type and lecture method to the students geography learning outcomes class XI IPS at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. This research used a quasi experimental research (Quasi Experimental Design). This research used student’s grade XI IPS 3 as control class and XI IPS 4 as experimental class. The data collection was using testing techniques. Hypothesis testing used t-test and effect size test. The results showed that there was the difference of learning outcomes and the effect of cooperative learning in Student Team Achievement Division (STAD) type and lecture method to the students geography learning outcomes class XI IPS at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. The result of the effect test was included in the high criteria. It is proved by hypothesis test result using t-test and effect size with 97% completeness in experimental class while in control class 35,30% and result of effect size test in high criteria. The result showed that the learning outcomes of the students using STAD model is higher than the students that using the lecture method, and the use of cooperative learning model in STAD type has an effect on the student’s geography learning outcomes compared with the use of lecture method. Keywords: geography learning outcomes, lecture method, Student Team Achievement Division (STAD)
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > G Geography (General) > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 89560377 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 06:46 |
Terakhir diubah: | 10 Aug 2017 06:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27872 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |