MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ABUNG SEMULI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RISKA NUR ANISA, 1313052048 (2017) MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ABUNG SEMULI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1695Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1885Kb)

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah penyesuaian diri di sekolah. Permasalahan penelitian adalah “Apakah penyesuaian diri dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok”. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan penyesuaian diri di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan desain one-group pretestposttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang memiliki penyesuaian diri rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh angka probabilitas 0.028. Didapat probabilitas kurang dari 0,05 (0,028<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada penyesuaian diri sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 26%. Kesimpulannya adalah penyesuaian diri dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa SMA Negeri 1 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: bimbingan konseling, bimbingan kelompok, penyesuaian diri

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: 63859590 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:44
Last Modified: 15 Aug 2017 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27895

Actions (login required)

View Item View Item