PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS VDI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

ESTRI APRILIANTI, 1343053013 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS VDI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1192Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1777Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan perbedaan penggunaan pembelajaran Discovery Learning dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen utama yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan lembar observasi. Metode ini melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya.Data di analisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan t-test. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik serta terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran discovery learning, pembelajaran tematik. ABSTRACT The problem of this research was the students’ result of thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of discovery learning implementation to the students’ result of thematic learning and the difference between the use of Discovery learning and conventional learning.The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The design used was Nonequivalent Control Group Design.The principal instrument that used by researcher are test and sheet of observation. This method was to find out the effect of giving the treatment of the object (experimental group) and also to find out how big the effect of the treatment was. The data analyzed by using simple regression formula and t-test. The result shows there is a significant effect of the discovery learning implementation to the students’ result of thematic learning and there is difference of students’ result of thematic learning by using discovery learning and conventional learning at the fifth grade students of SDN 2 LabuhanRatu academic year 2016/2017. Keywords: result of learning process, discovery learning method, thematik learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 92728368 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2017 07:01
Terakhir diubah: 15 Aug 2017 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27922

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir