PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

EKAYANA PUTRIANI, 1213023021 (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERISTAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (629Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1311Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis ke¬terampilan proses sains (KPS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta untuk me¬nge-tahui respon guru dan respon siswa mengenai LKS yang di¬kembang¬kan. Desain pada penelitian ini menggunakan desain R&D menurut Sugiyono (2008), dimana tahapan langkah penelitian dalam desain ini terdiri dari sepuluh langkah, namun desain yang digunakan dibatasi hanya sampai revisi uji coba lapangan awal. Subjek pada penelitian ini yaitu LKS berbasis KPS pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Setelah penyusunan LKS selanjutnya dilakukan vali¬da¬si ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan dan kemenarikan. Hasil validasi ahli terhadap keempat aspek yang dinilai yaitu LKS memiliki kriteria sangat tinggi. Selanjut¬nya dilakukan uji coba lapangan terhadap tiga responden guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi terhadap LKS berbasis KPS diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 79,21%, 83,91%, dan 85,30 %. Sedangkan uji coba lapangam awal pada responden siswa terhadap aspek ke¬ter¬bacaan dan kemenarikan terha¬dap LKS ber¬basis KPS yang di¬kembang¬-kan di¬peroleh hasil sebesar 84,58% dan 83,63%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis KPS yang dikembangkan memiliki kriteria sangat tinggi dan dapat digunakan dalam proses pem¬belajaran di sekolah. Kata kunci : keterampilan proses sains, larutan elektrolit dan non-elektrolit, lembar kerja siswa

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 15267529 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:41
Last Modified: 16 Aug 2017 02:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27944

Actions (login required)

View Item View Item